Skip to main content

Tips Menyiapkan Dana Pensiun Untuk Hari Tua


Tips menyiapkan dana pensiun ini penting untuk kita pahami dan terapkan. Hal ini tersebut di karenakan pada usia muda kita masih mempunyai banyak tenaga dan juga waktu untuk melakukan banyak hal dan pekerjaan, dan pada usia senja atau tidak muda lagi akan banyak kendala untuk mengerjakan segalanya. karena itulah, penting sekali untuk kita memulai merencanakan dana pensiun mulai dari sekarang untuk masa tua yang baik. Jadi selain kita giat bekerja dan juga selagi masih muda, saat masa produktif sebaiknya juga dimanfaatkan agar mulai memikirkan dan mengumpulkan anggaran untuk pensiun.


Tips Menyiapkan Dana Pensiun Mulai Sekarang


Apabila memang belum bisa merencanakan dana pensiun, mulai saat ini sebaiknya anda sudah mempersiapkan dana pensiun dari sekarang. Tidak ada pernah istilah terlalu dini ata cepat dalam hal mempersiapkan dana untuk hari tua. karenanya kebutuhan hidup semakin waktu, semakin tingg, yang memaksa kita harus selalu cermat juga teliti dalam mengatur keuangan kita saat ini. Ada 4 cara cara merencanakan dana hari tua/pensiun yang bisa kita lakukan, yakni adalah :

1 ) Mulai Sejak Dini


Apabila kita selalu menunda-nunda untuk menabung dan berhemat untuk pensiun. karena itu untuk  sebaiknya mulai dari sekarang cobalah membiasakan diri menabung waau hanya sedikit. Sedikit tips menabung harian yang ringan tetapi hasilnya nyata adalah dengan menyisihkan 10% pengeluaran anda untuk ditabung. Contoh jika dalam satu hari anda menghasbikan uang harian sebesar 50 ribu rupiah, maka tabunglah 5 ribu. anggap saja ini pajak pengeluaran pribadi anda, kemudian ambil 10% lagi dari pengeluaran satu minggu, misalnya dalam 1 minggu anda menghabiskan uang onglos sebesar 300 ribu maka sisihkanlah 30 ribu setiap minggunya.

Hitung saja 30 hari, maka anda akan terkesan melihat hasilnya, yang ditabung dari uang receh mingguan dan harian.

2 ) Rincian Pengeluaran


Tips menyiapkan dana pensiun selanjutnya adalah dengan membuat atau mencatat rincian pengeluaran, hal ini berguna untuk mengetahui kemana saja uang kita keluar. Sebaiknya catat setiap pengeluaran yang anda lakukan, agar bisa dijadikan bahan evaluasi, untuk kedepannya bisa lebih menghemat lagi.

3 ) Konsisten Untuk Menabung


Semua orang pastinya akan senang sekali saat menerima gaji. Upah hasil keringat dan jerih payah kita ini sebaiknya disisihkan untu kebitihan hidup seperti membayar asuransi, cicilan dan lainnya. Sesudah itu menyisihkan lagi untuk tabunga setiap bulannya.

Anda juga harus mendisiplinkan diri dalam menabung memakai 1 tabungan khusus yang digunakan untuk menyimpan tabungan utuh tanpa harus diusik kebutuhan apapun. Sesudah menyisihkan uang tabungan dengan rutin di tiap bulannya, maka Anda pun bisa memanfaatkan sisa pendapatan yang digunakan untuk hal yang lainnya.

4 ) Siapkan Dana Darurat


Tips menyiapkan dana pensiun berikutnya adalah untuk selalu mempersiapkan dana darurat. Berdasarkan teori sendiri, seseorang yang masih lajang mesti mempunyai simpanan untuk dana darurat hingga 3 kali nominal gaji bulanan. Sedangkan untuk kita yang berkeluarga, tentunya harus lebih besar yakni hingga 6 kali nominal gaji bulanan. Adapun dana darurat ini menjadi penyelamat ketika kondisi keuangan sedang memburuk.

Dengan menyimpan dan mempersiapkan dana darurat dalam tabungan khusus maupun deposito sendiri menjadi dana cadangan untuk kita ataupun orang-orang yang dicintai. Saat sedang mengalami masa-masa yang sulit maupun sedang memerlukan banyak uang, maka dana darurat pun bisa menjadi solusi yang tepat.

Jika Anda sudah memenuhi tips menyiapkan dana pensiun di atas, kini saatnya untuk melakukan investasi. Investasi ini merupakan solusi paling tepat dalam memperoleh pendapatan pasif. Anda bisa menyisihkan sebagian dari tabungan untuk berinvestasi dengan aman sebagai pilihan cerdas.


Comments

Popular posts from this blog

Parah!!! Inilah Kasus Pemerkosaan Tersadis dan Paling Biadab di Dunia

Akhir-akhir ini Indonesia sedang digemparkan dengan berbagai kasus pemerkosaan wanita. Korbannya bukan hanya wanita yang sudah berumur namun ternyata gadis remaja pun menjadi sasaran kebiadapan pelaku pemerkosaan. Salah satu kasus yang sempat membuat publik geram yaitu kasus pemerkosaan YY di Bengkulu. Bagaimana tidak? Korban dari kasus pemerkosaan tersadis ini yaitu berinisial YY ternyata masih siswa SMP yang berumur 14 dan yang paling patut untuk disayangkan yaitu pelaku pemerkosaannya adalah 14 siswa yang sebagian masih di bawah umur. Tidak hanya memperkosa ternyata para pelaku juga tega menganiaya dan membunuh nyawa YY dengan mudahnya. Di dunia sendiri ternyata ada beberapa kasus pemerkosaan yang ternyata lebih sadis lagi. Berikut ulasannya. Beberapa Kasus Pemerkosaan Tersadis di Dunia 1 )  Pemerkosaan Junko Furata di Jepang Kasus pemerkosaan tersadis yang pertama ini datang dari negeri sakura Jepang dan dianggap sebagai kasus pemerkosaan yang paling sadis dan terke

7 Artis Film Dewasa Beragama Islam Paling Terkenal

Industri film dewasa memang bukan tempat yang menarik untuk diperbincangkan dalam kancah umum apalagi menyangkut agama tertentu. Terdapat artis film dewasa beragama islam yang menaruhkan banyak hal dari keluarga hingga kecaman masyarakat luas ketika memutuskan masuk ke industri ini. Hal ini sangat menarik karena latar belakang dan pekerjaan yang sangat berbeda seperti air dan api yang mustahil untuk bersatu. Daftar Artis Film Dewasa Beragama Islam 1. Mia Khalifa Artis ini mungkin yang paling fenomenal diantara artis film dewasa beragama islam yang lain. Perannya di banyak film dewasa memunculkan banyak reaksi yang luas karena ia berasal dari keluarga yang memeluk agama Islam. Mia Khalifa kini tinggal di Amerika sejak 2000. Keluarganya berasal dari Lebanon yang melakukan imigrasi untuk mendapatkan penghidupan lebih baik. Mia menjadi artis yang menempati posisi nomor satu yang banyak dilihat di salah satu situs dewasa terkenal. Ia baru dalam industri ini tetapi namanya

Template dan Contoh Slip Gaji Karyawan

Template dan contoh slip gaji karyawan . Gaji. Siapa, sih, yang tidak ingin jeri payahnya dibayar? Semua orang pasti menuntut timbal balik dari jasa atau barang yang dikeluarkan oleh tiap-tiap orang. Gaji disesuaikan dengan posisi atau jabatan yang kita pegang di kantor, toko, atau posisi ditempat kerja lainnya. Slip gaji sendiri merupakan bukti pemberian upah kerja selama satu bulan atau satu seminggu atau dua minggu sesuai kebijakaan perusahaan atau toko. Ini berisikan rincian data karyawan, pembayaran upah, dan potongan lainnya. Bagi perusahaan slip gaji harus diadakan. Terutama bagi perusahaan besar memiliki banyak karyawan. Ada banyak sekali format penulisan slip gaji. Biasanya ini tergantung perusahaan sendiri bagaimana formatnya dibuat. Namun, bagi kamu yang baru saja memulai pekerjaan untuk mengurusi hal ini beberapa format penulisan slip bisa kamu aplikasikan, bukan hanya doc dari microsoft word dan microsoft excel . Simak beberapa contoh, di bawah ini. Slip Gaj