Skip to main content

Cara Menjaga File Dengan VeraCrypt

Cara Menjaga File Dengan VeraCrypt

Cara Menjaga File
Pusat Penyimpanan Data

Pernahkah anda memikirkan cara menjaga file yang sangat aman agar data anda betul-betul tidak diakses sembarangan dan tidak ada orang lain dapat membukanya.., atau bagaimana sebuah militer mengamankan datanya sehingga para hackers tidak dapat mengaksesnya..? Maka jawabannya adalah dengan menggunakan fasilitas enkripsi, untuk itulah kita akan membahas cara menjaga file dengan VeraCrypt dan bagaimana ia digunakan.

Mengenal Apa Itu Enkripsi

Kata enkripsi berasal dari bahasa Yunani kryptos yang artinya rahasia. Bahkan duhulu kala metode ini sudah ada, tetapi seiring waktu berjalan maka skema enkripsi selalu berubah-ubah demi menjaga kerahasiaan dimana tujuannya untuk menjaga informasi didalamnya agar sampai di tempat yang benar.

Enkripsi adalah proses menjaga informasi/data dengan mengunci informasi tersebut agar tidak dapat dibaca kecuali yang memiliki otoritas yang dapat membukanya seperti dengan key public atau private key. Biasanya metode ini sering di gunakan di instansi militer demi mengamankan data politik dan informasi rahasia pemerintah. Tapi saat ini kita pun juga dapat melakukan metode ini, caranya dengan menggunakan aplikasi yang mendukung fitur enkripsi. Salah satu aplikasi yang dapat di gunakan adalah Veracrypt.

Veracrypt adalah perangkat lunak enkripsi disk open source gratis untuk Windows, Mac OS dan Linux yang bermanfaat untuk enkripsi sistem dan partisi sehingga kebal terhadap perkembangan serangan baru termasuk brute force sekalipun sehingga ini merupakan cara menjaga file terbaik yang ada saat ini.

Fitur-Fitur utama VeraCrypt adalah:

  • Membuat disk terenkripsi virtual dalam file dan me-mountnya sebagai disk asli.
  • Mengenkripsi atau mengunci seluruh partisi agar tidak mudah di akses oleh orang lain.
  • Mengenkripsi partisi atau drive tempat Windows diinstalasi.
  • Enkripsi otomatis dan real-time.
  • Enkripsi dapat dipercepat dengan adanya prosesor modern.

Jadi walau Veracrypt memiliki keamanan sangat tinggi, ia juga memerlukan sebuah password yang sangat sulit yang terdiri dari beberapa kombinasi angka, huruf kapital dan huruf kecil berserta simbol.

Cara Menjaga File Dengan VeraCrypt

Pertama silahkan mengunduh aplikasinya di link berikut disini agar cara menjaga file dengan VeraCypt nya bisa dimulai. Kemudian ikuti langka di bawah ini dengan benar:

  1. Pada tahap ini saya asumsikan anda telah menginstall aplikasinya dengan benar dan berhasil.
  2. Silahkan buka aplikasi VeraCrypt anda, disana anda lihat driver a-z yang dapat dipilih, silahkan memilih salah satunya dalam hal ini saya memilih A.
  3. Sementara anda memilih A, lalu pilih Created Volume dan akan menampilkan Menu VeraCrypt Volume Creation Wizard > Next > Lalu Select File untuk memilih letak file dimana data itu akan di simpan nantinya.
  4. Selanjutnya pilih Next pada menu Volume Size dan tentukan ukuran volume yang anda butuhkan untuk menyimpan data yang ingin anda amankan nantinya.
  5. Masukkan password yang sulit dan panjang lalu pilih Next.
  6. Setelah semuanya selesai silahkan memilih Format, dan file anda berhasil di amankan.

Setelah berhasil cara menjaga file dengan VeraCrypt tentu saja sewaktu-waktu kita ingin mengakses data kita kembali. Caranya adalah:

  1. Silahkan membuka aplikas VeraCrypt anda, lalu pilih Select File.. untuk memilih file yang sebelumnya sudah di amankan.
  2. Setelah berhasil memilih filenya, pilihlah drive antara A-Z lalu klik Mount.
  3. Terakhir anda akan di minta memasukkan password dengan benar, dan file anda dapat di lihat dengan membuka This PC.

Cara Kerja Enkripsi

Enkripsi
Cara Kerja Enkripsi

Public Key atau enkripsi asimetris menggunakan penerima Public Key serta mencocokan Private Key. Dimana Public Key fungsinya untuk menambahkan beberapa item/file ke dalam file yang telah di enkripsi. Sedangkan Private Key hanya dapat mengakses dan membaca file yang sudah ada di dalam file yang telah di enkripsi.

Semoga informasi cara menjaga file dengan VeraCrypt ini dapat bermanfaat buat anda.

Comments

Popular posts from this blog

Parah!!! Inilah Kasus Pemerkosaan Tersadis dan Paling Biadab di Dunia

Akhir-akhir ini Indonesia sedang digemparkan dengan berbagai kasus pemerkosaan wanita. Korbannya bukan hanya wanita yang sudah berumur namun ternyata gadis remaja pun menjadi sasaran kebiadapan pelaku pemerkosaan. Salah satu kasus yang sempat membuat publik geram yaitu kasus pemerkosaan YY di Bengkulu. Bagaimana tidak? Korban dari kasus pemerkosaan tersadis ini yaitu berinisial YY ternyata masih siswa SMP yang berumur 14 dan yang paling patut untuk disayangkan yaitu pelaku pemerkosaannya adalah 14 siswa yang sebagian masih di bawah umur. Tidak hanya memperkosa ternyata para pelaku juga tega menganiaya dan membunuh nyawa YY dengan mudahnya. Di dunia sendiri ternyata ada beberapa kasus pemerkosaan yang ternyata lebih sadis lagi. Berikut ulasannya. Beberapa Kasus Pemerkosaan Tersadis di Dunia 1 )  Pemerkosaan Junko Furata di Jepang Kasus pemerkosaan tersadis yang pertama ini datang dari negeri sakura Jepang dan dianggap sebagai kasus pemerkosaan yang paling sadis dan terke

7 Artis Film Dewasa Beragama Islam Paling Terkenal

Industri film dewasa memang bukan tempat yang menarik untuk diperbincangkan dalam kancah umum apalagi menyangkut agama tertentu. Terdapat artis film dewasa beragama islam yang menaruhkan banyak hal dari keluarga hingga kecaman masyarakat luas ketika memutuskan masuk ke industri ini. Hal ini sangat menarik karena latar belakang dan pekerjaan yang sangat berbeda seperti air dan api yang mustahil untuk bersatu. Daftar Artis Film Dewasa Beragama Islam 1. Mia Khalifa Artis ini mungkin yang paling fenomenal diantara artis film dewasa beragama islam yang lain. Perannya di banyak film dewasa memunculkan banyak reaksi yang luas karena ia berasal dari keluarga yang memeluk agama Islam. Mia Khalifa kini tinggal di Amerika sejak 2000. Keluarganya berasal dari Lebanon yang melakukan imigrasi untuk mendapatkan penghidupan lebih baik. Mia menjadi artis yang menempati posisi nomor satu yang banyak dilihat di salah satu situs dewasa terkenal. Ia baru dalam industri ini tetapi namanya

Template dan Contoh Slip Gaji Karyawan

Template dan contoh slip gaji karyawan . Gaji. Siapa, sih, yang tidak ingin jeri payahnya dibayar? Semua orang pasti menuntut timbal balik dari jasa atau barang yang dikeluarkan oleh tiap-tiap orang. Gaji disesuaikan dengan posisi atau jabatan yang kita pegang di kantor, toko, atau posisi ditempat kerja lainnya. Slip gaji sendiri merupakan bukti pemberian upah kerja selama satu bulan atau satu seminggu atau dua minggu sesuai kebijakaan perusahaan atau toko. Ini berisikan rincian data karyawan, pembayaran upah, dan potongan lainnya. Bagi perusahaan slip gaji harus diadakan. Terutama bagi perusahaan besar memiliki banyak karyawan. Ada banyak sekali format penulisan slip gaji. Biasanya ini tergantung perusahaan sendiri bagaimana formatnya dibuat. Namun, bagi kamu yang baru saja memulai pekerjaan untuk mengurusi hal ini beberapa format penulisan slip bisa kamu aplikasikan, bukan hanya doc dari microsoft word dan microsoft excel . Simak beberapa contoh, di bawah ini. Slip Gaj