Skip to main content

Ciri-ciri undangan wawancara palsu by Jobstreet

Ciri-ciri undangan wawancara palsu by Jobstreet

Banyaknya lowongan pekerjaan yang ada di internet terutama situs-situs pencarian kerja seperti jobstreet merupakan angin segar bagi para pelamar, karena dengan adanya situs seperti dapat sangat membantu mereka dalam mendapatkan sebuah pekerjaan.

Walau demikian tidak jarang kita temukan iklan-iklan lowongan pekerjaan yang memanfaatkan layanan tersebut untuk melancarkan modus penipuan. Salah satu cirinya yang paling kelihatan adalah undangan berasal dari perusahaan ternama dan terkenal, hal ini dilakukan untuk menggoda si pelamar.

Lalu apa saja kerugian yang dapat menimpa seorang pelamar ketika terkena modus ini? yang paling nyata adalah kehilangan sejumlah uang yang "katanya" sebagai uang jaminan masuk. Nah agar kita semua terhindar dari modus tersebut, berikut kenali ciri-cirinya seperti yang disampaikan oleh Jobstreet.

5 Ciri-ciri undangan wawancara palsu

1 ) Tidak disebutkan posisi/jabatan

Lihat gambar dibawah adalah contoh undangan wawancara atau interview tidak terdapat keterangan posisi/jabatan seperti pada normalnya. Jika diperhatikan lebih seksama persyaratan juga tidak relevan dan juga tidak ada anjuran seperti diharukan membawa alat tulus dan berpakaian rapih.

Serta cap pada surat ini pada tanda tangan merupakan logo digital, bukan cap perusahaan asli.

Pic by Jobstreet.co.id/career-resource

2 ) Mencantumkan semua nama kandidat yang dipanggil

Normalnya surat undangan interview bersifat personal, dari perusahaan langsung kepada pelamar. Pada gambar dibawah juga ditemukan keganjilan yang mana pada surat tersebut melampirkan semua nama kandidat. Modus juga terlihat pada deskripsi dibawahnya, yang mengharuskan kandidat untuk melaukan reservasi.

Pic by Jobstreet.co.id/career-resource

3 ) Semua biaya ditanggung pelamar

Sebenarnya biaya transportasi memang normalnya tidak ditanggung oleh pihak perusahaan, namun jika seperti yang terjadi pada kasus dibawah ini yang mana pihak perusahaan berusaha merayu pelamar untuk mengeluarkan biaya dengan iming-iming bahwa akan ada penggantian biaya, itu patut dicurigai.

Pic by Jobstreet.co.id/career-resource

4 ) Semua informasi tidak detail dan tidak relevan

Seperti yang dikatakan diawal bahwa salah satu ciri surat undangan wawancara palsu adalah tidak adanya informasi yang mendetail, yang padahal hal tersebut sangatlah penting bagi pelamar. Lihat gambar dibawah ini, semua jadwal dan menu pengembangan diri sangat general, tidak jelas pengembangan untuk bidang apa dan jabatan apa.

Pic by Jobstreet.co.id/career-resource

5 )  Banyak hal yang disampaikan tidak perlu dan tidak biasa

Surat undangan wawancara resmi dan asli berisikan informasi yang mendetail, padat, dan tidak berbelit-belit. Pada contoh dibawah surat wawancara melampirkan deretan pertanyaan yang tidak perlu dan tidak lazim.

Pic by Jobstreet.co.id/career-resource

Demikian adalah ciri-ciri surat undangan wawancara palsu yang harus di waspadai, jangan sampai kita tertipu oleh modus yang dilancarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengatas namakan perusahaan besar yang bonafit.

Comments

Popular posts from this blog

Parah!!! Inilah Kasus Pemerkosaan Tersadis dan Paling Biadab di Dunia

Akhir-akhir ini Indonesia sedang digemparkan dengan berbagai kasus pemerkosaan wanita. Korbannya bukan hanya wanita yang sudah berumur namun ternyata gadis remaja pun menjadi sasaran kebiadapan pelaku pemerkosaan. Salah satu kasus yang sempat membuat publik geram yaitu kasus pemerkosaan YY di Bengkulu. Bagaimana tidak? Korban dari kasus pemerkosaan tersadis ini yaitu berinisial YY ternyata masih siswa SMP yang berumur 14 dan yang paling patut untuk disayangkan yaitu pelaku pemerkosaannya adalah 14 siswa yang sebagian masih di bawah umur. Tidak hanya memperkosa ternyata para pelaku juga tega menganiaya dan membunuh nyawa YY dengan mudahnya. Di dunia sendiri ternyata ada beberapa kasus pemerkosaan yang ternyata lebih sadis lagi. Berikut ulasannya. Beberapa Kasus Pemerkosaan Tersadis di Dunia 1 )  Pemerkosaan Junko Furata di Jepang Kasus pemerkosaan tersadis yang pertama ini datang dari negeri sakura Jepang dan dianggap sebagai kasus pemerkosaan yang paling sadis dan terke

7 Artis Film Dewasa Beragama Islam Paling Terkenal

Industri film dewasa memang bukan tempat yang menarik untuk diperbincangkan dalam kancah umum apalagi menyangkut agama tertentu. Terdapat artis film dewasa beragama islam yang menaruhkan banyak hal dari keluarga hingga kecaman masyarakat luas ketika memutuskan masuk ke industri ini. Hal ini sangat menarik karena latar belakang dan pekerjaan yang sangat berbeda seperti air dan api yang mustahil untuk bersatu. Daftar Artis Film Dewasa Beragama Islam 1. Mia Khalifa Artis ini mungkin yang paling fenomenal diantara artis film dewasa beragama islam yang lain. Perannya di banyak film dewasa memunculkan banyak reaksi yang luas karena ia berasal dari keluarga yang memeluk agama Islam. Mia Khalifa kini tinggal di Amerika sejak 2000. Keluarganya berasal dari Lebanon yang melakukan imigrasi untuk mendapatkan penghidupan lebih baik. Mia menjadi artis yang menempati posisi nomor satu yang banyak dilihat di salah satu situs dewasa terkenal. Ia baru dalam industri ini tetapi namanya

Template dan Contoh Slip Gaji Karyawan

Template dan contoh slip gaji karyawan . Gaji. Siapa, sih, yang tidak ingin jeri payahnya dibayar? Semua orang pasti menuntut timbal balik dari jasa atau barang yang dikeluarkan oleh tiap-tiap orang. Gaji disesuaikan dengan posisi atau jabatan yang kita pegang di kantor, toko, atau posisi ditempat kerja lainnya. Slip gaji sendiri merupakan bukti pemberian upah kerja selama satu bulan atau satu seminggu atau dua minggu sesuai kebijakaan perusahaan atau toko. Ini berisikan rincian data karyawan, pembayaran upah, dan potongan lainnya. Bagi perusahaan slip gaji harus diadakan. Terutama bagi perusahaan besar memiliki banyak karyawan. Ada banyak sekali format penulisan slip gaji. Biasanya ini tergantung perusahaan sendiri bagaimana formatnya dibuat. Namun, bagi kamu yang baru saja memulai pekerjaan untuk mengurusi hal ini beberapa format penulisan slip bisa kamu aplikasikan, bukan hanya doc dari microsoft word dan microsoft excel . Simak beberapa contoh, di bawah ini. Slip Gaj