Skip to main content

Manfaat Appraisal karyawan untuk manajemen HR

Appraisal karyawan adalah sebuah metode sistematis yang berfungsi untuk melaukan analisis dan evaluasi terhadap kinerja karyawan di sebuah perusahaan atau institusi, sehingga HRD dan perusahaan dapat mengetahui kinerja dan keadaan karyawan.

Melalui appraisal juga HRD dapat membuat employee carreer planning untuk kedepannya, dengan kata lain appraisal merupakan sistem yang digunakan untuk mengevaluasi, mengukur, dan menilai kinerja serta keterampilan, kemampuan, pencapaian target, dan juga pertumbuhan seorang karyawan.

Untuk memberlakukan appraisal ini anda bisa menggunakan bantuan software HR seperti PayrollBozz sebagai pihak ketiga penyedia sistem. Anda juga bisa menetapkan standar sendiri untuk perusahaan, dan pada umumnya ada 6 langkah atau tahapan dalam menentukan standar kerja, berikut adalah langkah-langkah yang mungkin bisa anda ikuti :

Tahapan menentukan standar kerja

1 ) Menetapkan standar kerja

Pertama seorang manajer harus menentukan target prestasi atau pencapaian kerja baik itu dari segi keterampilan atau juga output yang bisa dievaluasi. Standar kerja ini kemudian dimasukan kedalam rincian deskripsi kerja, dan jangan lupa bahwa standar kerja ini harus objektif dan jelas agar mudah juga dapat diukur.

2 ) Komunikasi standari kerja ke karyawan

Setelah membuat sebuah standar langkah selanjutnya adalah menginformasikan standar atau job deskripsi ke karyawan, agar masing-masing karyawan tahu dengan detail tentang standar kinerja tersebut.

Mengkomunikasikan perihal standar kerja ke karyawan juga bisa mendapatkan feedback langsung dari mereka, dengan begini juga manajemen SDM di perusahaan bisa mendapatkan masukan yang berarti.

3 ) Mengukur kinerja yang nyata

Tahap selanjutnya adalah melakukan pengukuran kinerja yang nyata dan aktual berdasarkan data dari berbagai macam sumber seperti laporan tertulis, laporan statistik dan bisa juga pengamatan lapangan. Dan yang terpenting pengukuran kinerja haruslah objektif sesuai job deskripsi masing-masing.

4 ) Bandingkan kinerja nyata/aktual dengan standar

Ditahap selanjutnya lakukan perbandingan dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya, cara membandingkannya adalah dengan mengungkap penyimpan kinerja antara kinerja aktual dengan standar kinerja.

5 ) Lakukan diskusi hasil penilaian dengan karyawan

Setelah hasil penilaian keluar langkah selanjutnya adalah dengan melakukan diskusi dengan karyawan yang bersangkutan. Tujuan dari dilakukannya diskusi ini agar si karyawan dapat mengetahui kekuarangan dan kelebihannya, serta dampak dari apa yang dia kerjakan dan tidak dikerjakan untuk lingkungan perusahaan.

6 ) Ambil tindakan perbaikan

Yang terakhir adalah dengan mengkoreksi kinerja karyawan yang dibawah standar lakukan koreksi dan arahkan karyawan agar kedepannya mereka menjadi lebih baik.

Demikian adalah ulasan tentang appraisal karyawan yang, mulai dari pengertian appraisal, sampai ke tata cara penentuan standar kerja.

Comments

Popular posts from this blog

Parah!!! Inilah Kasus Pemerkosaan Tersadis dan Paling Biadab di Dunia

Akhir-akhir ini Indonesia sedang digemparkan dengan berbagai kasus pemerkosaan wanita. Korbannya bukan hanya wanita yang sudah berumur namun ternyata gadis remaja pun menjadi sasaran kebiadapan pelaku pemerkosaan. Salah satu kasus yang sempat membuat publik geram yaitu kasus pemerkosaan YY di Bengkulu. Bagaimana tidak? Korban dari kasus pemerkosaan tersadis ini yaitu berinisial YY ternyata masih siswa SMP yang berumur 14 dan yang paling patut untuk disayangkan yaitu pelaku pemerkosaannya adalah 14 siswa yang sebagian masih di bawah umur. Tidak hanya memperkosa ternyata para pelaku juga tega menganiaya dan membunuh nyawa YY dengan mudahnya. Di dunia sendiri ternyata ada beberapa kasus pemerkosaan yang ternyata lebih sadis lagi. Berikut ulasannya. Beberapa Kasus Pemerkosaan Tersadis di Dunia 1 )  Pemerkosaan Junko Furata di Jepang Kasus pemerkosaan tersadis yang pertama ini datang dari negeri sakura Jepang dan dianggap sebagai kasus pemerkosaan yang paling sadis dan terke

7 Artis Film Dewasa Beragama Islam Paling Terkenal

Industri film dewasa memang bukan tempat yang menarik untuk diperbincangkan dalam kancah umum apalagi menyangkut agama tertentu. Terdapat artis film dewasa beragama islam yang menaruhkan banyak hal dari keluarga hingga kecaman masyarakat luas ketika memutuskan masuk ke industri ini. Hal ini sangat menarik karena latar belakang dan pekerjaan yang sangat berbeda seperti air dan api yang mustahil untuk bersatu. Daftar Artis Film Dewasa Beragama Islam 1. Mia Khalifa Artis ini mungkin yang paling fenomenal diantara artis film dewasa beragama islam yang lain. Perannya di banyak film dewasa memunculkan banyak reaksi yang luas karena ia berasal dari keluarga yang memeluk agama Islam. Mia Khalifa kini tinggal di Amerika sejak 2000. Keluarganya berasal dari Lebanon yang melakukan imigrasi untuk mendapatkan penghidupan lebih baik. Mia menjadi artis yang menempati posisi nomor satu yang banyak dilihat di salah satu situs dewasa terkenal. Ia baru dalam industri ini tetapi namanya

Template dan Contoh Slip Gaji Karyawan

Template dan contoh slip gaji karyawan . Gaji. Siapa, sih, yang tidak ingin jeri payahnya dibayar? Semua orang pasti menuntut timbal balik dari jasa atau barang yang dikeluarkan oleh tiap-tiap orang. Gaji disesuaikan dengan posisi atau jabatan yang kita pegang di kantor, toko, atau posisi ditempat kerja lainnya. Slip gaji sendiri merupakan bukti pemberian upah kerja selama satu bulan atau satu seminggu atau dua minggu sesuai kebijakaan perusahaan atau toko. Ini berisikan rincian data karyawan, pembayaran upah, dan potongan lainnya. Bagi perusahaan slip gaji harus diadakan. Terutama bagi perusahaan besar memiliki banyak karyawan. Ada banyak sekali format penulisan slip gaji. Biasanya ini tergantung perusahaan sendiri bagaimana formatnya dibuat. Namun, bagi kamu yang baru saja memulai pekerjaan untuk mengurusi hal ini beberapa format penulisan slip bisa kamu aplikasikan, bukan hanya doc dari microsoft word dan microsoft excel . Simak beberapa contoh, di bawah ini. Slip Gaj