Skip to main content

Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager

Beberapa Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager

Saat komputer windows menampilkan pesan error dalam menggunakan komputer windows, kemungkinan sektor boot pada partisi sistem mengalami kerusakan atau kehilangan file.

Berikut ini Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager dengan mudah dan cepat.

Tentang Sektor Boot

Sektor boot merupakan bagian kecil pada hard drive yang dibuat setiap memformat drive. Sektor boot berisi beberapa kode dan data yang berfungsi membantu BIOS melepaskan kontrol dalam proses startup ke Windows. Sektor boot dan Host Master Boot Record juga memuat disk signature, tabel partisi untuk disk, dan sedikit kode populer dengan sebutan kode boot master.

Saat komputer windows dimulai, maka pengaktifan awal di handle oleh BIOS. Kemudian, BIOS akan memuat kode master boot ke RAM komputer windows dan menghentikan proses startup. Kode boot master akan memindai tabel partisi, menentukan partisi aktif, memuat salinan sektor boot ke RAM komputer windows, dan menghentikan proses startup ke kode tersebut.

Sektor boot dapat mengalami berbagai permasalahan yang sama seperti pada bagian lain dari hard drive yang disebabkan adanya file yang hilang, file rusak, dan kerusakan fisik. Saat proses boot loader gagal, maka hal tersebut terjadi setelah pengguna melihat pesan BIOS namun sebelum windows mulai memuat. Umumnya pesan error ditunjukkan seperti, error loading operating system, missing operating system, reboot and select proper boot device, inalid partition table, bootmgr is missing, fatal no bootable medium found system halted.

Apabila komputer windows menampilkan salah satu dari pesan error tersebut, maka komputer windows tidak dapat starting windows. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka pengguna harus menggunakan windows recovery environment.

Menggunakan Windows Installation Media atau Recovery Partition

Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager yang pertama harus dilakukan adalah memulai komputer windows ke dalam windows recovery environment. Kemungkinan komputer windows memiliki partisi pemulihan khusus untuk memulai windows recovery environment tanpa CD atau DVD instalasi windows. sebaliknya, jika komputer windows tidak memiliki partisi pemulihan khusus atau special recovery partition, maka untuk memasuki windows recovery environment harus menggunakan CD atau DVD instalasi windows.

  • Untuk memulai menggunakan CD atau DVD instalasi windows dalam mengakses windows recovery environment, pada tampilan instalasi windows klik pada tombol Repair Your Computer untuk memulai instalasi.
Klik Repair Your Computer
  • Akan tetapi, jika memulai dengan menggunakan Recovery partition atau Repair Disk, kemungkinan tampilannya akan sedikit berbeda namun opsi tampilan di akhir akan sama.
Ilustrasi System Recovery Option di Windows 7
  • Windows akan memuat recovery environment, pada halaman pertama klik tab troubleshoot. Lalu, pada laman advanced options akan muncul beberapa opsi.

Memperbaiki Startup Secara Otomatis

Startup repair dilakukan apabila komputer windows mengalami masalah yang disebabkan oleh kesalahan pada sistem. Umumnya akan menampilkan perintah untuk melakukan repair windows saat komputer booting. Dalam kasus yang terjadi, umumnya sebagian orang mencoba memperbaiki windows startup secara otomatis. Tidak hanya memperbaiki master boot record atau membuat sektor boot kembali. Repair automatically akan memindai dan memperbaiki masalah pada startup yang lainnya. Pada halaman Advanced Options klik Startup Repair.

Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager pada halaman berikutnya akan menampilkan semua operating system yang sudah terdeteksi oleh windows komputer. Jika pengguna hanya menginstal satu, maka klik sistem operasi yang hendak diperbaiki. Selanjutnya, komputer windows akan mulai memindai permasalahan yang terjadi pada startup dan memperbaikinya.

Saat proses sudah selesai, komputer windows akan memberi konfirmasi kepada pengguna apakah proses perbaikan sukses atau tidak sukses. Pengguna akan diberikan pilihan untuk merestart komputer windows atau kembali ke Advanced Options.

Jika pengguna memiliki file image backup system, maka dapat menggunakan system restore untuk memperbaiki startup komputer windows yang memiliki masalah. Jika pengguna tidak pernah menyimpan file image backup system, biasanya windows menyimpan secara otomatis selama pengguna tidak mematikan fitur system restore pada komputer windows.

  • Caranya cukup mudah, pertama klik All program pada menu start lalu pilih Accessories pilih system tools dan pilih system restore.
  • Kemudian akan muncul kotak dialog system restore.
  • Selanjutnya, klik Next untuk melakukan Restore File dan System, pilih tanggal file image yang diyakini masih menjalankan sistem dengan baik, klik Next lalu finish.
  • Komputer windows akan merestart sendiri dan memerlukan beberapa waktu untuk kembali memasuki windows.
  • Setelah berhasil, maka komputer akan masuk ke dalam windows kembali dan menampilkan prompt jika system restore sudah berhasil dilakukan.

Jika windows tidak dapat memperbaiki komputer secara otomatis, maka pengguna dapat mencoba memperbaiki Master Boot Sector secara manual menggunakan Command Prompt, sebab kemungkinan cara manual tersebut tidak berfungsi. Hal ini merupakan bagian dari Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager secara otomatis.

Memperbaiki Master Boot Repair dengan Command Prompt

Apabila Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager tidak berhasil atau perbaikan secara otomatis gagal, maka sudah dapat dipastikan jika permasalahannya terdapat pada Master Boot Record atau sektor boot. Pengguna dapat memperbaiki secara manual menggunakan Command Prompt.

  • Caranya, pada halaman Advanced Option klik Command Prompt.
  • Saat berada di Command Prompt, pengguna akan menggunakan Command bootrec dan terdapat beberapa opsi untuk memperbaiki kesalahan bootloader pada komputer windows.
Master Boot Repair dari Command Prompt
  • Untuk mengembalikan Master Boot Record, maka ketik perintah: bootrec /fixmbr dan tekan tombol Enter dimana perintah tersebut bertujuan untuk menulis Master Boot Record baru yang kompatibel dengan Windows pengguna ke sektor boot tanpa menimpa tabel partisi.
Kembalikan Master Boot Record dari Command Prompt
  • Hal ini merupakan awal untuk memperbaiki kesalahan boot loader yang diperoleh dari file rusak.
  • Untuk menulis sektor boot baru ke partisi sistem, maka ketik perintah bootrec /fixboot dan tekan tombol Enter. Perintah ini berfungsi saat sektor boot komputer windows sudah digantikan oleh instalasi sistem operasi lain atau malware maupun sektor boot yang sudah rusak.
  • Alat bootrec memiliki opsi lain, pengguna dapat mengetik: bootrec /? untuk menampilkan dan melihat opsi lain serta pengguna dapat meminta bantuan dengan perintah help.
  • Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager ini merupakan cara alternatif apabila perbaikan secara otomatis tidak berfungsi dalam memperbaiki komputer windows boot manager.

Hal Yang Harus dilakukan Setelah Pemulihan

Saat berhasil memperbaiki komputer windows dan dapat memulai windows, maka sangat disarankan pengguna untuk melakukan langkah-langkah lainnya. Salah satunya jalankan utilitas Check Disk untuk memindai integritas sistem file dan hard disk. Hal ini kemungkinan kesalahan bootloader berasal dari masalah fisik pada hard disk. Selanjutnya, gunakan utilitas System File Checker untuk proses memindai dan memperbaiki file sistem yang rusak.

Meskipun kesalahan bootloader dapat mengintimidasi permasalahan tersebut saat muncul, sebagian besar orang awam menganggap hal tersebut merupakan permasalahan yang besar.

Demikian Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager, pengguna hanya perlu mengetahui apa yang harus diwaspadai dan menyertakan solusi pemulihan yang dapat diaplikasikan.

Comments

Popular posts from this blog

Parah!!! Inilah Kasus Pemerkosaan Tersadis dan Paling Biadab di Dunia

Akhir-akhir ini Indonesia sedang digemparkan dengan berbagai kasus pemerkosaan wanita. Korbannya bukan hanya wanita yang sudah berumur namun ternyata gadis remaja pun menjadi sasaran kebiadapan pelaku pemerkosaan. Salah satu kasus yang sempat membuat publik geram yaitu kasus pemerkosaan YY di Bengkulu. Bagaimana tidak? Korban dari kasus pemerkosaan tersadis ini yaitu berinisial YY ternyata masih siswa SMP yang berumur 14 dan yang paling patut untuk disayangkan yaitu pelaku pemerkosaannya adalah 14 siswa yang sebagian masih di bawah umur. Tidak hanya memperkosa ternyata para pelaku juga tega menganiaya dan membunuh nyawa YY dengan mudahnya. Di dunia sendiri ternyata ada beberapa kasus pemerkosaan yang ternyata lebih sadis lagi. Berikut ulasannya. Beberapa Kasus Pemerkosaan Tersadis di Dunia 1 )  Pemerkosaan Junko Furata di Jepang Kasus pemerkosaan tersadis yang pertama ini datang dari negeri sakura Jepang dan dianggap sebagai kasus pemerkosaan yang paling sadis dan terke

7 Artis Film Dewasa Beragama Islam Paling Terkenal

Industri film dewasa memang bukan tempat yang menarik untuk diperbincangkan dalam kancah umum apalagi menyangkut agama tertentu. Terdapat artis film dewasa beragama islam yang menaruhkan banyak hal dari keluarga hingga kecaman masyarakat luas ketika memutuskan masuk ke industri ini. Hal ini sangat menarik karena latar belakang dan pekerjaan yang sangat berbeda seperti air dan api yang mustahil untuk bersatu. Daftar Artis Film Dewasa Beragama Islam 1. Mia Khalifa Artis ini mungkin yang paling fenomenal diantara artis film dewasa beragama islam yang lain. Perannya di banyak film dewasa memunculkan banyak reaksi yang luas karena ia berasal dari keluarga yang memeluk agama Islam. Mia Khalifa kini tinggal di Amerika sejak 2000. Keluarganya berasal dari Lebanon yang melakukan imigrasi untuk mendapatkan penghidupan lebih baik. Mia menjadi artis yang menempati posisi nomor satu yang banyak dilihat di salah satu situs dewasa terkenal. Ia baru dalam industri ini tetapi namanya

Template dan Contoh Slip Gaji Karyawan

Template dan contoh slip gaji karyawan . Gaji. Siapa, sih, yang tidak ingin jeri payahnya dibayar? Semua orang pasti menuntut timbal balik dari jasa atau barang yang dikeluarkan oleh tiap-tiap orang. Gaji disesuaikan dengan posisi atau jabatan yang kita pegang di kantor, toko, atau posisi ditempat kerja lainnya. Slip gaji sendiri merupakan bukti pemberian upah kerja selama satu bulan atau satu seminggu atau dua minggu sesuai kebijakaan perusahaan atau toko. Ini berisikan rincian data karyawan, pembayaran upah, dan potongan lainnya. Bagi perusahaan slip gaji harus diadakan. Terutama bagi perusahaan besar memiliki banyak karyawan. Ada banyak sekali format penulisan slip gaji. Biasanya ini tergantung perusahaan sendiri bagaimana formatnya dibuat. Namun, bagi kamu yang baru saja memulai pekerjaan untuk mengurusi hal ini beberapa format penulisan slip bisa kamu aplikasikan, bukan hanya doc dari microsoft word dan microsoft excel . Simak beberapa contoh, di bawah ini. Slip Gaj